Akupuntur menjadi salah satu terapi alternatif yang aman agar cepat hamil.

Terapi Alternatif yang Aman Agar Cepat Hamil

Editor    : Dini Felicitas

Tanggal : Jumat, 28 Oktober 2016

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com - Akhir-akhir ini terapi alternatif semakin populer saja di dunia medis, termasuk terapi alternatif agar cepat hamil. Sudah banyak pula terapi alternatif yang dikombinasikan dengan obat tradisional untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Selain mampu meredakan rasa sakit, pengobatan tradisional ternyata juga membantu meningkatkan peluang kehamilan. Tentu hal ini disambut hangat oleh para pasangan yang sudah lama menantikan kehadiran anak.

Namun, dengan semakin banyaknya jenis terapi alternatif yang berkembang, kita pun dituntut untuk pintar-pintar memilih. Beberapa jenis terapi alternatif yang aman agar bisa hamil ini layak diikuti calon ibu karena jelas manfaatnya.

Yoga
Latihan relaksasi ini tujuannya meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi, seperti ovarium (indung telur) dan vagina, yang selanjutnya membuat sel-sel mendapat oksigen dengan baik dan meningkatkan kualitas sel telur Mama. Ditambah lagi, yoga membantu Mama memerangi rasa stres. Penelitian menyebutkan, stres berkaitan erat dengan ketidaksuburan. Perempuan yang mudah stres lebih kecil kemungkinannya untuk bisa hamil, sebab hormon stres diketahui dapat mematikan sistem reproduksi. Nah, dengan rutin latihan yoga, Mama dapat menurunkan tekanan darah secara alami, mengubah respons fisiologis terhadap stres, bahkan meningkatkan sistem sirkulasi tubuh (yang sering dianggap sebagai penyebab ketidaksuburan).

Akupuntur
Sama seperti yoga, akupuntur pun berfungsi mengurangi kecemasan dan depresi. Teknik akupuntur adalah salah satu terapi alternatif agar cepat hamil yang tengah naik daun di antara banyak pasangan. Ini alasannya: Penelitian menunjukkan, perempuan yang mendapatkan perawatan akupuntur saat menjalani program IVF (In Vitro Fertilization atau bayi tabung), sesungguhnya mengalami peningkatan peluang hamil sebesar 65 persen. Tak hanya berhasil pada perempuan, akupuntur juga terbukti membantu sistem reproduksi laki-laki. Sebagai pengingat, gagalnya kehamilan yang sering dihadapi banyak pasangan, 20 persen disebabkan oleh pasangan laki-laki saja.

Pijat kesuburan
Penelitian mengungkapkan, sekitar 6,1 juta perempuan di Amerika Serikat mengalami kasus sulit hamil dan keguguran karena terjadi penyumbatan di tuba falopi (saluran indung telur) mereka. Pijat kesuburan adalah terapi alternatif yang cukup populer untuk memecah penyumbatan tersebut dan berakibat meningkatkan peluang agar hamil,  alih-alih mengeluarkan biaya besar untuk operasi. 

Memang, para ilmuwan belum bisa membuktikan apakah pijat kesuburan ini benar-benar efektif memecah penyumbatan atau tidak. Meskipun begitu, pijatan kesuburan masih mempunyai banyak manfaat lain, di antaranya menurunkan tingkat stres dan denyut jantung, melembutkan jaringan ikat (berguna untuk mengatasi masalah kelenjar getah bening, jaringan parut, juga perlengketan saluran), dan faktor-faktor lain yang dapat memblokir aliran darah ke seluruh tubuh.

Hipnoterapi
Ini adalah salah satu terapi alternatif untuk kehamilan yang dianggap paling sukses. Padahal kunci keberhasilannya sederhana saja: Mampu meredakan kecemasan dan stres, sama seperti yoga dan akupuntur. Tiap-tiap hipnoterapis bekerja dengan cara berbeda. Tapi intinya, mereka bertugas menanamkan “sugesti” positif dalam pikiran saat Mama sedang berada di bawah pengaruh hipnotis. Pernyataan-pernyataan atau kalimat yang diucapkan bertujuan membuat Mama merasa lebih tenang dan lebih percaya diri. Bagusnya, kalimat-kalimat tersebut bisa Mama ingat kembali untuk mengelola tingkat stres Mama sendiri di kemudian hari.

Masih ragu juga? Pertimbangkan ini: Sebuah studi mencatat, tingkat keberhasilan terapi IVF menjadi dua kali lipat, dari 14 persen menjadi 28 persen, pada perempuan yang menjalani IVF dan hipnoterapi pada waktu yang sama.

Ramuan herbal Cina dan jamu tradisional
Sekitar 10-15 persen kasus infertilitas atau ketidaksuburan masuk dalam kategori “ketidaksuburan yang tak dapat dijelaskan”. Dengan kata lain, tak ada alasan fisik yang menyebabkan ketidaksuburan. Kondisi ini akhirnya mendorong banyak pasangan untuk mencoba obat homeopati, seperti jamu, sebagai terapi alternatif agar cepat hamil.

Jamu tradisional untuk kesuburan dan ramuan herbal Cina biasanya diracik secara holistik untuk mendorong hormon tubuh Mama bekerja sama dengan baik. Sebelum Mama memutuskan minum jamu tradisional, sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan ahli endokrinologi reproduksi (pakar hormon reproduksi). Mama mungkin akan mendapat informasi darinya mengenai ahli akupuntur yang bisa memberi rekomendasi jamu atau ramuan herbal Cina untuk terapi alternatif kesuburan.

Chiropractic
Beberapa penelitian mengindikasikan bahwa chiropractic (pembenahan terhadap tulang belakang dan area lain di tubuh) dapat meningkatkan kesuburan. Bagaimana caranya? Saraf yang menuju sistem reproduksi menjalar melalui tulang belakang. Jika saraf-saraf ini posisinya tidak lurus atau tidak sejajar, chiropractic dapat membantu membenahinya sehingga meningkatkan keseimbangan hormon dan meningkatkan kemungkinan hamil.

Ingat, penelitian akan chiropractic dan kesuburan masih sangat baru, jadi tak ada jaminan teknik ini akan berhasil. Namun, jika Mama berniat mencoba terapi alternatif agar cepat hamil ini, pilihlah ahli chiropractic yang sudah punya reputasi. Teknik penyesuaian tulang belakang adalah pekerjaan yang sangat rumit dan berisiko. Mama pasti tak ingin ditangani oleh orang yang salah.

(Deasy Christina Siallagan)

Sumber :

PENULIS

Dini Felicitas

Confident is silent. Insecurities are loud.