Sebanyak 47% Orang Tidak Melakukan Pengobatan Untuk Masalah Kesuburan

Sebanyak 47% Orang Tidak Melakukan Pengobatan Untuk Masalah Kesuburan

Editor    : Gisela Niken

Tanggal : Selasa, 5 Juli 2016

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com – Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa setiap 1 dari 10 orang teruatam pria mengalami masalah kesuburan. Setidaknya 1 dari 8 wanita mengalami kesulitan untuk hamil. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa orang yang mengalami ketidaksuburan cenderung tidak mencari bantuan medis yang tepat. Hal ini menunjukkan banyaknya masalah kesuburan pada pria dan wanita.

Baca juga: 4 faktor penentu kesuburan

Menurut penelitian ini, masalah ketidaksuburan pada wanita terjadi pada di atas 35 tahun. Sementara itu pada laki-laki masalah ketidaksuburan ini terjadi antara usia 35 hingga 55 tahun. Hampir dari sepertiga wanita yang mencoba hamil di atas usia 35 tahun mengalami masalah kesuburan dibanding wanita yang telah mencoba hamil setelah usia 25 tahun.

Baca juga: Pengaruh berat badan terhadap kesuburan

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal Human Reproduction mengungkapkan bahwa tidak banyak orang yang mencari informasi seputar infertilitas. “Salah satu temuan penting adalah bagaimana pengaruh pendidikan dan status pekerjaan terhadap keinginan orang mencari tahu masalah infertilitas,” ujar Jessica Datta, seorang dosen yang menjadi salah satu peneliti.

Para peneliti melakukan survei terhadap 15.000 orang di Inggris. Hasilnya sebanyak 47% pria dan wanita tidak mencari solusi untuk masalah kesuburan yang mereka alami. Padahal, masalah kesuburan ini perlu bimbingan dari dokter. Menurut penelitian ini banyak orang yang malas membahas soal infertilitas ini padahal masalah ini juga dapat berpengaruh kepada kesehatan pada umumnya.

Baca juga: Ini jenis olahraga peningkat kesuburan

Untuk itu, jika terdapat masalah kesuburan pada pria dan wanita tak ada salahnya berkonsultasi ke dokter. Selama ini banyak orang berpendapat bahwa wanita yang bertanggung jawab akan kehamilan. Padahal keduanya harus memiliki usaha agar usaha kehamilan dapat berjalan sukses.

(Niken/Web MD)

PENULIS

Gisela Niken