Mengapa Sering Berhubungan Seks Bikin Cepat Hamil?

Mengapa Sering Berhubungan Seks Bikin Cepat Hamil?

Editor    : Dini

Tanggal : Selasa, 6 September 2016

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com - Ketika sedang jenuh menjalani terapi kehamilan, mungkin Mama akan mendengar rekan-rekan Mama mengatakan, "Sudah, sering-sering saja berhubungan, pasti cepat hamil!"

Benarkah demikian? Mengapa hubungan seks lebih sering meningkatkan peluang kehamilan?

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Physiology & Behavior Desember 2015 mengungkapkan bahwa sering berhubungan seks bikin cepat hamil karena alasan yang tak terduga. Sering berhubungan seks, sebut para penelitinya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh perempuan.

Berhubungan seks pada waktu-waktu tertentu selama siklus menstruasi juga mengaktifkan sel-sel sistem kekebalan tertentu yang membantu melindungi tubuh dari bakteri atau virus yang bisa menghambat kehamilan. Perempuan yang berhubungan seks lebih sering juga menurunkan tipe sel-sel yang membantu memastikan tubuhnya tidak melawan serbuan sperma.

Dengan berhubungan seks pada waktu-waktu yang disarankan dalam sebulan, tubuh perempuan menggerakkan sistem kekebalannya untuk membantu membuatnya hamil, sekaligus memiliki kehamilan yang sehat.

Studi lain dalam jurnal Fertility & Study menemukan bahwa pasangan yang menjalani program bayi tabung (IVF) memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi jika sistem kekebalan tubuh perempuan telah ditingkatkan sebelum menjalani program.

Pada dasarnya, dokter belum sepenuhnya memahami kapan sistem kekebalan perempuan mencapai puncaknya. Meskipun begitu, entah bagaimana hal itu ternyata memengaruhi kondisi sel telur, dan embrio yang dihasilkan dari perempuan yang sistem kekebalannya telah ditingkatkan lebih mampu bertahan ketika menjalani IVF. Sederhananya, jika sistem kekebalannya diaktifkan, peluangnya untuk mendapatkan embrio yang sehat melalui IVF jadi lebih tinggi.

Hikmahnya, jika Mama sedang berusaha hamil, sering berhubungan seks bisa menjadi hal yang baik, dan bukan sekadar dilakukan ketika Mama berada di puncak masa subur. Selain itu jika Mama sedang mencoba meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah batuk pilek, hubungan seks lebih sering juga membantu.

Sumber : Everyday Family

PENULIS

Dini Felicitas

Confident is silent. Insecurities are loud.