Ini Manfaat Kantung Teh Celup Bekas yang Mama Belum Tahu

Ini Manfaat Kantung Teh Celup Bekas yang Mama Belum Tahu

Editor    : Ipoel

Tanggal : Senin, 19 Desember 2016

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com - Menikmati sajian teh dalam secangkir gelas di sore hari memang sangat menyenangkan, apalagi bila ditemani oleh kue-kue kecil yang manis dan renyah. Berbicara tentang teh, maka ada satu jenis teh yang disukai karena kepraktisannya. Dialah teh celup. Mama tinggal menyediakan air hangat atau air panas, lalu celupkan kantong teh celup itu ke dalamnya, segelas teh hangat pun sudah tersaji siap diseruput.

Nah, sayangnya, usai digunakan, banyak Mama yang langsung membuang kantong teh celup bekas tersebut. Padahal, kantung bekas teh celup yang dianggap sampah tersebut, banyak sekali manfaatnya. Berikut manfaat kantung bekas teh celup yang Mama belum tahu:

 

1. Mengurangi dan menghilangkan gatal dan bekas gigitan nyamuk

Kantung teh yang berisi ampas teh ini mengandung zat serupa antihistamin yang bermanfaat untuk mengatasi kulit kemerahan akibat gigitan nyamuk. Bila Mama merasakan gatal akibat gigitan nyamuk atau terdapat bekas kemerahan di kulit, usapkanlah kantung teh tersebut di kulit Anda. Usahakan kantung teh masih dalam keadaan hangat. Dengan cara sederhana ini kulit bentol dan hitam akibat gigitan nyamuk bisa hilang dan mereda. Apalagi kandungan dalam teh termasuk polifenol dan zat anti oksidan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.


2. Atasi Kulit yang Terbakar Akibat Sinar Matahari (sun burn)
Selain menyebabkan nyeri, kulit yang terbakar akibat sinar matahari akan menyebabkan kulit tak nyaman. Untuk mengtasi agar nyerinya berkurang, gunakan kantung teh celup dingin dan kompreskan di area kulit yang terbakar agar nyeri dan perih segera berkurang. Selain menempelkan kantung langsung ke kulit, Mama juga bisa memasukkan kantong teh celup bekas itu ke dalam wadah, lalu membilas area yang terbakar matahari itu menggunakan air bilasan tersebut.


3. Membuat Rambut Berkilau
Kantung teh celup bekas itu juga bermanfaat untuk membuat rambut agar tetap berkilau. Kandungan Celupkan kantung teh celup yang sudah terpakai ke dalam air bilasan rambut anda agar rambut terlihat semakin berkilau dan halus. Kantung teh celup bekas juga bisa membanu mengatasi kerontokan rambut. 


4. Menghaluskan dan Menghilangkan Bekas Jerawat
Tidak banyak yang mengetahui bahwa daun teh hijau kering di dalam kantung teh celup memiliki khasiat untuk wajah, baik pria maupun wanita. Caranya, setelah kantung dicelupkan, sisihkan dan tunggu sampai ia menjadi hangat dan tidak terlalu panas. Siapkan mangkuk kecil dan buka atau robek kantung teh, kemudian keluarkan isinya ke dalam mangkuk.

Beri satu sendok makan madu dan tepung beras secukupnya. Aduk hingga merata dan siap untuk dioleskan ke wajah. Gosok perlahan di muka Mama dan biarkan sekitar 5 menit kemudian dibilas bersih dengan air. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Selain itu, kandungan madu dan tepung beras bertujuan untuk menghaluskan dan juga menghilangkan noda bekas jerawat.

5. Mengatasi Kantung Mata dan Mata Lelah
Jika mata Mama terasa lelah dan berkantung akibat kegiatan harian yang padat maupun kurang tidur, kantung teh dapat menjadi solusi. Caranya, celupkan kantung teh yang sudah terpakai ke dalam air es hingga menjadi cukup dingin. Kompreskan pada area sekitar mata dan diamkan beberapa menit. Mata anda akan menjadi lebih segar dan dengan melakukan hal ini secara rutin, niscaya kantung mata anda akan hilang.

6. Mengobati Bisul
Kompres bisul dengan kantung teh celup bekas selama kurang lebih 15 menit dan biarkan kering dengan sendirinya. Lakukan hal ini secara rutin. Setelah beberapa hari, bisulpun akan lenyap.

7. Membersihkan Noda pada Kaca dan Alat masak
Gunakan sisa cairan dari kantung teh celup sebagai bahan pembersih noda pada kaca atau cermin, hingga lemak pada alat masak. Caranya cukup mudah, teteskan sisa air teh yang masih ada pada noda, gosok dan bilas.

8. Mengurangi Bau tak sedap dalam lemari pendingin
Letakkan kantung teh celup bekas di dalam lemari pendingin anda. Dengan begitu, dengan sendirinya bau tak sedap akan diserap oleh kantung teh.

(Ipoel/Tribunews.com)


 

Sumber :

PENULIS

Saeful Imam

Penyuka kajian psikologi dan kesehatan anak. Ayah dari 3 anak, Humoris, supel, dan simpel.