Payudara nyeri saat menyusui bisa diatasi dengan obat rumahan alami

Puting Nyeri Saat Menyusui? Atasi dengan Obat Rumahan Ini

Editor    : Gisela Niken

Tanggal : Rabu, 11 Januari 2017

Berbagi :

Nakita.id – Nyeri di puting bisa jadi masalah umum pada ibu menyusui. Ada banyak faktor yang menyebabkan masalah ini misalnya ketidakseimbangan hormon akibat setelah hamil dan melahirkan bisa menimbulkan rasa nyeri. Masalah kesehatan juga menjadi penyebab puting terasa sakit saat menyusui. Berikut cara-cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi puting nyeri saat menyusui.

Baca juga: Puting mendelep bikin bayi sulit menyusu

Nyeri saat menyusui bisa diperparah dengan kondisi payudara yang bengkak. Untuk mengatasinya, ambil kain dan isi dengan es batu. Gosokkan pada puting untuk meredakan bengkak dan nyeri. Pijat payudara juga jadi cara mudah dan alami untuk meredakan puting nyeri saat menyusui. Oleskan sedikit ASI pada puting yang nyeri. Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali sehari. ASI mengandung zat yang dapat menyembuhkan nyeri pada kulit.

Mama juga bisa memilih minyak kelapa yang bisa digunakan untuk area puting. Pijat lembut area payudara dengan minyak kelapa. Kandungannya dapat melembabkan kulit serta menyembuhkan kulit kering dan pecah-pecah. Minyak yang sudah dihangatkan lebih baik. Usahakan cuci bersih area payudara setelah menggunakan minyak agar bayi tidak terpapar minyak kelapa.

Baca juga: Payudara bengkak saat menyusui? Ini solusinya

Selain minyak kelapa, Mama juga bisa menggunakan lidah buaya. Gunakan gel lidah buaya di area puting yang nyeri. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin C, A dan B kompleks yang dapat menjadi obat anti-radang. Usahakan menyusui setelah 10 menit membersihkan payudara. Mama juga sebaiknya menghindari penggunaan krim dengan bahan kimia agar tidak terpapar atau masuk ke dalam tubuh bayi.

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk mengatasi puting nyeri saat menyusui antara lain menghindari pakaian dalam yang tepat. Ukuran payudara Mama mungkin berubah saat setelah melahirkan dan menyusui. Pilih ukuran bra yang pas dan sesuai dengan ukuran payudara. Perbanyak buah kaya vitamin C seperti jeruk dan sayuran hijau untuk memringankan nyeri serta menjaga kesehatan kulit payudara.

 

Sumber : Boldsky

PENULIS

Gisela Niken

Writer, singer and lover