Dokter akan memeriksa amandel dengan menggunakan spatel lidah.

INTRO 1 2

Amandel pada Anak, Harus Diobati tapi Tak Harus Dioperasi

Editor    : Dini Felicitas

Tanggal : Selasa, 10 Januari 2017

Berbagi :

Agar Tak Salah Memberi Obat

Supaya tidak terjadi salah pemberian obat, dalam mendiagnosis tonsilitis, dokter akan memeriksa amandel dengan menggunakan stik kayu yang dikenal sebagai spatel lidah. Fungsinya untuk menurunkan lidah, sehingga dokter dapat melihat tonsil dengan jelas. Setelah itu, dokter memeriksa telinga dan hidung. Detak jantung juga akan diperiksa.

Bila dicurigai adanya bakteri streptococcus, dokter akan mengambil sampel air liur dari belakang tenggorokan dengan kapas yang panjang. Tindakan medis ini terkadang merangsang anak untuk muntah, untuk itu perlu ada kerja sama yang baik dan kompak antara anak, orangtua, dan dokter.

Sampel air liur yang diambil akan diperiksakan ke laboratorium. Sehari atau dua hari akan diterima hasilnya. Jika hasilnya postif karena bakteri, anak akan diberikan obat antibiotik yang tepat untuk kuman yang terdeteksi. Nah, ini yang namanya pengobatan yang rasional alias Rational Use Medicine (RUM).

Pada tonsilitis anak, komplikasi serius jarang terjadi, seperti: pembentukan nanah di rongga atas tonsil (abses peritonsil), abses kelenjar getah bening, penyebaran bakteri streptococcus ke ginjal (glomerulonefritis) dan demam rematik.

Bila amandel tidak diobati
Tanpa adanya penanganan, tonsilitis dikhawatirkan bisa menyebabkan sumbatan jalan napas, hingga henti napas saat tidur (obstructive sleep apnea), tidur mendengkur, saat berbicara sengau/bindeng. Kondisi tersebut dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup: anak akan mengalami lemah, letih, lesu, tak bersemangat, rasa mengantuk, gampang lelah, sulit konsentrasi, sampai mengalami penurunan daya ingat.

Selain itu, karena mengalami demam, biasanya anak akan merasakan nyeri sendi, tidak nafsu makan, hingga rasa nyeri di telinga. Ini semua tentu dapat membuat anak menjadi rewel.

Apakah amandel harus dioperasi? Apa syarat-syarat pengangkatan amandel? Baca di halaman berikutnya.

Sumber :

INTRO 1 2

PENULIS

Gazali Solahuddin