Gangguan tiroid saat hamil dapat berisiko keguguran

Waspada, Gangguan Tiroid Saat Hamil Berisiko Keguguran

Editor    : Gisela Niken

Tanggal : Selasa, 10 Januari 2017

Berbagi :

Nakita-id – Sebanyak 10 hingga 15 persen kehamilan berakhir dengan keguguran. Ada banyak penyebab keguguran yang terjadi misalnya kondisi rahim serta gaya hidup ibu. Namun, berbagai penelitian juga mengungkapkan penyebab keguguran yang ternyata umum terjadi yakni ketika mengalami gangguan tiroid saat hamil.

Dr. Prudence Hall, salah seorang peneliti dari The Hall Center di California mengungkapkan kondisi hipotiroidisme atau tiroid kurang aktif menjadi penyebab keguguran pada 3% wanita hamil. Sementara menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Obstetrics and Gynaecology menungkapkan penyakit tiroid autoimun juga memengaruhi 5% hingga 15% wanita yang mengalami keguguran.

Baca juga: Hormon tiroid kurang sebabkan susah hamil

Menurut Dr Amy Myers, penulis buku “The Thyroid Connection” mengungkapkan bahwa antiobodi tiroid yang berkembang terbukti meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah. Lalu, mengapa tiroid sangat penting untuk kehamilan?Tiroid merupakan kelenjar berbentu kupu-kupu yang letaknya ada di depan leher. Kelenjar ini mengeluarkan hormon tiroid yang beredar di seluruh sel-sel darah dan berpengaruh pada setiap sel dalam tubuh. Ia juga punya fungsi mengatur metabolisme dan memastikan organ-organ dalam tubuh bekerja secara efisien. Tiroid pun berfungsi untuk urusan reproduksi karena memengaruhi produksi telur dan perkembangan janin.

Ternyata, hormon ini dapat membantu perkembangan otak janin serta membantu pembentukan kelenjar tiroid pada janin. Jika ada hormon tiroid yang tidak seimbang, maka ada hormon-hormon lainnya pada kehamilan juga akan berpengaruh.Tiroid adalah juga penting untuk fungsi reproduksi, dan dapat mempengaruhi produksi telur dan perkembangan janin. Hal ini juga membantu otak bayi untuk mengembangkan dan bertanggung jawab untuk pembentukan kelenjar tiroid bayi sendiri. Maka, penting bagi Mama hamil untuk memastikan kelenjar tiroid berfungsi normal.

Baca juga: Mengenal hipertiroid dan hipotiroid, gangguan kelenjar tiroid pada anak

Mama juga bisa mencegah terjadinya gangguan tiroid saat hamil. Asupan yodium yang cukup ternyata jadi kunci untuk mencegah masalah tiroid. Asupan garam yang cukup, sayuran hijau dan kacang-kacangan dapat membantu kerja tiroid. Tak hanya itu, asupan yodium yang cukup juga dapat meningkatkan perkembangan otak janin.

Sumber : Fox News

PENULIS

Gisela Niken

Writer, singer and lover