Tahapan Perkembangan Gigi Janin

Ternyata Gigi Bayi Sudah Terbentuk Sejak Masa Kehamilan, Begini Tahapannya

Editor    : Julie Erikania

Tanggal : Selasa, 3 Januari 2017

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com – Menurut drg. Widya Apsari, SpPM,  pertumbuhan gigi susu berlangsung dalam jangka waktu yang panjang, yaitu dimulai dari saat di dalam kandungan sampai pada bayi lahir ke dunia. Nah, ke-20 gigi susu bayi ini memiliki waktu pembentukan yang berbeda-beda. Yuk, kenali pembentukan struktur gigi janin pada tiap trimester, Ma!

# Trimester 1

Di akhir trimester pertama, gigi seri susu bagian atas dan bawah mulai mengawali proses pembentukannya, dan berlanjut terus hingga awal trimester kedua. Proses ini selesai membentuk gigi yang sempurna di dalam tulang rahang pada usia bayi 4—5  bulan dan baru siap untuk tumbuh pada usia bayi 6—8 bulan.

Baca juga: http://nakita.id/Prakehamilan/Tingkatkan-Kalsium-Untuk-Calon-Ibu

# Trimester 2

Selanjutnya, di usia kandungan 5—5,5 bulan, gigi taring susu mulai terbentuk. Proses pembentukan gigi taring susu ini baru menjadi sempurna ketika bayi berusia 9 bulan dan akan tumbuh saat bayi berumur 16—20 bulan. Sementara gigi geraham susu pertama kali terbentuk benihnya dimulai pada usia kehamilan 5 bulan. Gigi ini terbentuk sempurna ketika bayi berusia 6 bulan dan baru akan tumbuh saat ia menginjak usia 12—16 bulan.

# Akhir Trimester 2

Saat mamil memasuki akhir trimester kedua, gigi geraham susu yang kedua mulai terbentuk benihnya. Proses pembentukannya akan sempurna saat bayi berusia 10—12 bulan. Namun gigi ini baru akan muncul ketika bayi berumur 20—30 bulan.

Baca juga: http://nakita.id/Bayi/Agar-Gigi-Bayi-Cepat-Muncul

 

 

 

Sumber : Tabloid Nakita

PENULIS

Isma Anggritaningsih