Operasi caesar berulang dapat menyebabkan masalah serius pada rahim.

Seorang Wanita Mengalami Lima Kali Operasi Caesar, Ini yang Terjadi Pada Rahimnya

Editor    : Gisela Niken

Tanggal : Kamis, 5 Januari 2017

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com – Sebuah foto USG baru-baru ini menunjukkan sebuah fenomena langka. Foto dan laporan yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan kantung ketuban seorang wanita pecah dan kaki janin terlihat berada di luar rahim. Menurut Live Science, kondisi ini di sebabkan kantung ketuban yang tumbuh lebih panjang dan bersamaan dengan kaki janin.

Foto USG tersebut adalah milik seorang wanita hamil yang merasa tidak ada yang salah sampai melakukan USG pada usia 22 minggu. Wanita tersebut ternyata telah menjalani operasi caesar sebanyak lima kali. Ibu hamil ini menyadari risiko sangat tinggi di kehamilan yang keenam ini. Kantung ketuban yang tidak normal ternyata menempatkan risiko janin dalam bahaya seperti ketuban pecah dini serta kelahiran prematur.

Siapa sangka pada usia 30 minggu, kantung ketuban membesar dua kali lipat. Kantung tersebut bahkan telah berisi perut dan kaki janin. Sebagian tubuh janin sudah masuk ke dalam kantung ketuban. Akhrinya dokter pun mengambil tindakan operasi caesar. Meski hanya memiliki berat sebesar 0,5 kilogram, anak ini seperti anak normal dalam kurun waktu enam bulan.

Klik halaman selanjutnya di sini

Sumber : Parents

PENULIS

Gisela Niken

Writer, singer and lover