Rambu-rambu Melahirkan di Rumah

Rambu-rambu Melahirkan di Rumah

Editor    : Ipoel

Tanggal : Minggu, 5 Juli 2015

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com-Selain itu, sebelum Ibu memutuskan untuk melahirkan di rumah. Ada beberapa hal yang harus Ibu lakukan terlebih dahulu. Berikut rambu-rambu melahirkan di rumah:

1.    Rutin periksa kesehatan Ibu ke dokter kandungan
Untuk melakukan persalinan di rumah, maka diperlukan kondisi Ibu yang sehat. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu dapat memeriksakan ke dokter kandungan secara rutin untuk memantau kondisi Ibu dan juga janin.

2.    Olahraga
Saat hamil bukan berarti hal tersebut menjadi alasan untuk Ibu malas berolahraga. Justru olahraga memiliki banyak manfaat untuk membantu kelancaran kehamilan. Ibu dapat memilih beberapa olahraga, seperti yoga, tai chi, berenang, senam hamil dan lainnya.

3.    Melatih pernafasan
Melakukan latihan pernafasan sangatlah perlu dilakukan oleh Ibu jika ingin melakukan persalinan di rumah, karena latihan pernafasan dapat membantu saat proses persalinan yaitu agar dapat mengatur ritme nafas dengan baik.


4.    Relaksasi
Saat menjelang persalinan, maka sebaiknya Ibu dapat lebih rajin untuk melakukan relaksasi. Hal tersebut dapat membantu Ibu agar tetap tenang dan terkontrol selama proses persalinan.

5.    Persiapkan ruang bersalin
Untuk menunggu detik-detik melahirkan, Ibu dapat secara perlahan mempersiapkan ruang bersalin, seperti memilih aroma ruangan yang Ibu sukai, memasang tirai penghalang sinar matahari, serta memilih musik yang menyenangkan. Selain dapat membuat Ibu senang, hal tersebut juga dapat membuat Ibu menjadi nyaman dan rileks saat melahirkan nanti.

 

PENULIS

Ipoel