Puting Mendelep Membuat Bayi Sulit Menyusu?

Puting Mendelep Membuat Bayi Sulit Menyusu?

Editor    : Ipoel

Tanggal : Senin, 16 November 2015

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com - Memiliki puting susu yang rata atau masuk ke dalam? Jika iya, mungkin Anda mulai bertanya dan khawatir, apakah puting mendelep ini akan membuat bayi sulit menyusui kelak?

 

Jawabannya: Tidak perlu khawatir puting mendelep akan membuat bayi sulit menyusu. Sebab Anda akan tetap dapat menyusui si kecil dengan baik kok. Hanya saja, Anda perlu melakukan persiapan terlebih dulu.

 Baca : Deteksi kesehatan anak lewat warna tinja

Sebenarnya, kesuksesan proses menyusui dimulai sejak masa kehamilan. Sebagai calon ibu, Anda dituntut untuk memerhatikan dan merawat payudara dengan baik.

 

Apabila saat hamil, payudara Anda berbentuk datar atau mendelep, maka Anda masih memiliki banyak waktu untuk mengusahakan agar puting mendelep itu menonjol keluar. Sehingga ketika Anda ingin menyusui, prosesnya pun tidak akan sulit karena puting mendelep.

 Baca : Jangan main handphone saat menyusui. Ini alasannya

Jika Anda memang memiliki payudara dengan kecenderungan masuk, janganlah khawatir terlebih dulu. Sebab Anda tetap akan bisa menyusui si kecil dengan baik. Puting mendelep tidak selalu membuat bayi sulit menyusu.

 

Mengapa? Sebenarnya menyusui bukan dilakukan dari puting tapi dari bagian areola payudara. Areola adalah daerah berwarna lebih gelap yang ada di seputar puting. Begini caranya:

 

1. Inilah alasan mengapa puting yang tenggelam masih bisa digunakan untuk menyusui. Tapi untuk mempermudah si kecil, Anda bisa bantu dengan menekan ibu jari dan telunjuk pada bagian areola sehingga puting bisa menonjol.

2. Agar proses menyusui bisa berjalan dengan baik, maka posisikan areola payudara masuk ke dalam mulut si kecil. Awalnya, si kecil mungkin akan mengalami kesulitan terlebih dahulu. Akan tetapi, jika Anda sabar dan telaten maka bayi akan segera beradaptasi dengan kondisi yang ada. Pastikan posisi ini dijaga secara terus menerus.

Baca : Ingin ASI deras? Lakukan pijat payudara

3. Hindari dot yang akan menyebabkan bayi bingung puting dan sulit menyusu.

4. Hindari menyusui di saat payudara penuh. Ini akan menyulitkan proses menyusui karena puting akan semakin tenggelam. Perahlah ASI secara rutin untuk cegah payudara bengkak. Selain itu, susui bayi setiap 2-3 jam sekali. Konsekuensinya Mama harus bangun malam untuk menyusui bayi.

5. Memang sih puting yang menonjol akan sangat mempermudah si kecil untuk menghisapnya, tapi menyusui hanya dari putingnya saja malah bisa sebabkan puting lecet dan luka loh.

 

Baca : Jangan asal makan enak, ini pantangan makan untuk ibu menyusui

 

 

 Kabar baiknya lagi, Mama bisa mengatasi puting mendelep dengan cara ini:

1. Sediakan alat suntik

2. Potong ujung spuit seperti gambar di atas.

3. Masukkan alat penghisap dari ujung yang terpotong.

4. Tarik alat penghisap secara perlahan.

 

 

Tapi jika kondisi puting mendelep Anda membuat bayi sulit menyusui, maka segeralah berkonsultasi pada dokter atau pakar menyusui atau konselor laktasi.

 

PENULIS

Ipoel