Nyeri Yang Akan Mama Rasakan Setelah Operasi Caesar

Nyeri Yang Akan Mama Rasakan Setelah Operasi Caesar

Editor    : Gisela Niken

Tanggal : Senin, 2 Mei 2016

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com – Operasi caesar sama sepertio operasi pada umumnya yang menimbulkan dampak setelahnya. Pembedahan perut serta jahitan yang cukup banyak membuat banyak nyeri setelah operasi caesar. Tak hanya dipengaruhi oleh luka jahitan, perubahan ini juga disebabkan perubahan hormon yang terjadi setelah melahirkan.

Baca juga: Cara aman dan mudah merawat luka bekas jahitan caesar

Rasa sakit akibat operasi caesar biasanya terjadi setelah 18 jam melahirkan. Sebelumnya, Mama tidak akan merasakan yang begitu nyeri sebab obat bius yang masih tersisa. Setelah 18 jam itulah obat nyeri yang diberikan dengan anestesi spinal akan habis. Namun, Mama mungkin diberikan obat penghilang rasa nyeri. Meski begitu, rasa nyeri akan tetap Mama rasakan.

Selain nyeri akibat luka jahitan, Mama akan kesulitan dalam membuang gas dari perut. Mama akan sering mengalami perut kembung. Hal ini akan berjalan selama satu minggu sebelum perut kembali bergerak normal kembali. Bedah perut membuat otot perut agak sulit untuk membuang gas. Cobalah untuk minum obat pencahar untuk membantu nyeri yang ditimbulkan oleh perut kembung.

Baca juga: 8 kejutan yang terjadi setelah operasi caesar

Mama juga akan mengalami kram perut selama setelah melahirkan. Nyeri ini juga akan dirasakan oleh Mama yang melahirkan dengan normal. Selama 6 minggu, rahim akan berkontraksi untuk kembali ke ukuran normal. Cobalah untuk mengompres perut Mama dengan air panas untuk mengurangi kram tersebut.

Setelah melahirkan dengan operasi caesar, Mama harus bersabar karena proses penyembuhan membutuhkan waktu yang lama. Bekas luka bedah mungkin sembuh dalam waktu 3 hari. Namun, membutuhkan waktu hinga berbulan-bulan, untuk saraf dan jaringan lain tumbuh kembali. Mama juga tidak diperkenankan berolahraga dengan melibatkan perut selama tiga bulan. Perut juga akan terasa tidak terasa pada 6 bulan setelah melahirkan.

Baca juga: 5 pertimbangan saat memutuskan operasi caesar 

Nyeri setelah operasi caesar memang terlihat menyeramkan. Namun, Mama bisa mengatasinya dengan tidak banyak melakukan aktivitas berat. Mintalah bantuan dengan kerabat dan anggota keluarga agar tetap dapat mengasuh si kecil yang baru lahir. Untuk itu, Mama juga perlu pertimbangan matang sebelum mengambil langkah operasi.

(Niken/Fit Pregnancy) 

PENULIS

Gisela Niken