Cepat Pulih Usai Melahirkan Normal

Cepat Pulih Usai Melahirkan Normal

Editor    : Ipoel

Tanggal : Kamis, 30 Januari 2014

Berbagi :

TabloidNakita.com – Pulih pasca melahirkan normal adalah dambaan setiap ibu. Dengan beberapa trik di bawah ini, ibu diharapkan dapat segera pulih setelah melahirkan normal:

Tahap I (20 menit)

Enam jam setelah melahirkan normal, ibu bisa melakukan gerakan-gerakan berikut:

* Dalam keadaan terlentang, tekuk ke dua kaki, pegang perut oleh kedua tangan. Kerutkan pantat, tarik perut ke dalam (sambil buang napas), tekan punggung ke dalam. Tarik napas dari hidung, kembali melakukan gerakan awal.Ini bermanfaat untuk menguatkan otot di perut, pinggul, dan punggung usai melahirkan normal. 

* Dalam keadaan terlentang, luruskan kedua kaki. Gerakan (cuma sebatas pergelangan kaki), gerakan ke depan ke belakang, miring kanan dan kiri, putar.

* Dalam keadaan terlentang, tekuk kedua kaki, telapak kaki menyentuh kasur, tangan di depan dada, ambil napas dari hidung, angkat badan dan kepala (mengangkat badan semampunya), buang napas dari mulut, turunkan kembali.

* Dalam keadaan telentang, lakukan gerakan, mengerutkan otot pantat, lepas, kerutkan kembali, lepas, dan melakukan kontraksi otot-otot dasar panggul, sehingga otot-otot itu dapat lekas pulih usai melahirkan normal.  

* Dalam keadaan telentang, tekuk kedua kaki, letakkan tangan di samping badan, angkat pantat sedikit ke atas, gerakan ke kanan dan ke kiri.

* Bersiap untuk berdiri: Posisikan tubuh miring saat berbaring, angkat badan, duduk, ayun-ayunkan kaki beberapa menit, berdiri tegak. Lihat postur tubuh di kaca. Usahkan selalu tegak.

* Untuk relaksasi, tidur tengkurap 2 kali sehari minimal 1 ½ jam..

 

Tahap II (20 menit)

Minggu ke dua setelah melahirkan normal, atau 1—2 hari kemudian, setelah badan lebih fit dari sebelumnya, lakukan gerakan berikut:

* Dalam posisi telentang. Ambil napas, tarik satu kaki hingga menekuk sambil buang napas dari mulut, sementara kaki satunya tetap lurus. Tekuk kaki yang lurus sambil ambil napas dari hidung, dan luruskan kaki yang menekuk sambil buang napas dari mulut. Lakukan bergantian.

* Dalam posisi terlentang. Tekuk ke dua kaki. Letakan tangan di samping badan, telapak menghadap ke atas. Angkat pantat ke atas hingga rata dengan dada. Tahan semampunya, turunkan kembali.

 

Tahap III (20 menit)

Minggu ke tiga setelah melahirkan normal, atau dua minggu setelah melahirkan, ibu bisa melakukan:

Cek otot perut usai melahirkan normal. Apakah sudah rapat (dua jari kita) atau belum? Jika belum lebih baik konsultasi ke dokter. Jika sudah rapat bisa melakukan:

* Saat BAK. Lakukan; tahan BAK, keluarkan, tahan kembali. Lakukan hal ini sampai BAK selesai dan lakukan setiap kali BAK.

* Tidur telentang. Tekuk kedua kaki, angkat tangan di atas lutut, ambil napas dari hidung sambil julurkan tangan ke arah lutut hingga badan terangkat, buang napas darimulut, turun dan kembali ke posisi awal.

* Tidur telentang. Tekuk kedua kaki, ambil napas dari hidung, julurkan satu tangan kanan kearah lutut kiri (tangan kiri di samping badan) hingga badan bagian kanan terangkat, buang napas dari mulut, kembali ke awal. Lakukan gerakan yang sama untuk sisi sebelah kiri.

 

Tahap IV

Minggu ke empat atau 15 hari setelah melahirkan normal, ibu bisa melakukan:

  • Di sini ibu bisa melakukan senam atau olah raga apa saja untuk membentuk badan, supaya kembali langsing, supaya perutnya ramping.


Dengan berbabagai gerakan di atas, diharapkan ibu dapat lekas pulih setelah melahirkan normal. 
 

Zali

Nara sumber: Dra. Irawati. Ch. Dipl. Pt

Klinik Pela 9

 

 

 

PENULIS

Ipoel