Penyebab Hingga Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Bayi

Penyebab Hingga Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Bayi

Editor    : Gisela Niken

Tanggal : Selasa, 29 Maret 2016

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com – Radang tenggorokan merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus. Apakah radang tenggorokan mungkin terjadi pada bayi? Tentu saja mungkin. Justru Mama perlu mewaspadai radang tenggorokan pada bayi karena bayi belum mampu menunjukkan rasa sakitnya. Bayi biasanya memberikan gejala berupa mual, sakit kepala hingga hilangnya nafsu makan karena mengalami rasa sakit ketika menelan.

Baca juga: Musim hujan waspada radang tenggorokan pada anak! 

Sebenarnya bayi tidak terlalu rentan terkena radang tenggorokan karena penyakit ini biasanya didapatkan dari lingkungan di luar rumah. Namun, Mama perlu mewaspadai orang-orang di sekitar bayi yang bisa saja menularkan bakteri sehingga bayi mengalami radang tenggorokan. Untuk itu, melindungi bayi dari lingkungan luar sangat diperlukan untuk mencegah radang tenggorokan pada bayi.

Gejala radang tenggorokan pada bayi juga lebih menyakikan. Sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna menyebabkan bakteri yang masuk memberikan dampak ruam pada kaki dan tangannya. Selain itu, bayi akan menjadi mudah marah karena rasa sakit yang ia derita. Bayi yang mengalami radang tenggorokan juga cenderung mengalami kesulitan tidur.

Untuk memastikan bahwa si kecil mengalami radang tenggorokan, Mama bisa melakukan beberapa hal seperti mengecek apakah ada bercak putih atau merah di tenggorokannya. Selain itu, leher yang membengkak juga menjadi tanda radang tenggorokan. Pembengkakkan tersebut biasanya diikuti dengan muntah.

Baca juga: Ternyata ini ramuan alami untuk atasi radang tenggorokan 

Pertolongan pertama untuk mengatasi radang tenggorokan pada bayi ialah memberikannya banyak minum untuk memastikan tenggorokannya tidak kering. Selain itu, berikan ia waktu istirahat cukup agar tenggorokannya tak banyak bekerja untuk berbicara atau menangis. Menjaga ventilasi yang baik di kamar sangat dibutuhkan untuk memulihkan radang tenggorokan pada bayi.

Mama juga sebaiknya membawa si kecil ke dokter. Jika tidak ditangani, radang tenggorokan pada bayi juga akan mengakibatkan masalah ginjal. Dokter biasanya akan mendeteksi apakah gejala tersebut memang disebabkan oleh bakteri atau menunjukkan gejala lain. Pemberian obat yang pas sangat dibutuhkan untuk mengatasi radang tenggorokan ini. 

(Niken/New Kids Center) 

PENULIS

Gisela Niken