Ini Caranya Mencegah Payudara Kendur Setelah Melahirkan

Ini Caranya Mencegah Payudara Kendur Setelah Melahirkan

Editor    : Gisela Niken

Tanggal : Kamis, 14 Juli 2016

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com – Saat hamil, ada banyak perubahan fisik yang Mama alami. Perubahan hormon membuat banyak bagian tubuh Mama yang berubah. Payudara menjadi bagian tubuh yang kerap berubah. Mulai dari ukuran hingga posisi payudara bisa saja berubah sehingga payudara bisa saja kendur setelah melahirkan. Mama bisa mencegah payudara kendur setelah melahirkan dengan cara mudah berikut ini.

Baca juga: Cara alami cegah payudara kendur

1.Memakai bra yang pas
Mama perlu mendapatkan ukuran bra yang pas baik selama kehamilan maupun setelah kehamilan. Selama kehamilan Mama mungkin mendapatkan ukuran bra yang berbeda karena payudara yang membesar. Jadi, jangan malas untuk membeli bra. Gunakan pula bra yang tidak terlalu ketat di malam hari. Begitu pula dengan setelah melahirkan, gunakan ukuran yang sesuai dengan payudara.

2.Menjaga berat badan selama hamil
Berat badan juga menjadi faktor penyebab yang dapat meningkatkan jaringan lemak di payudara. Maka dari itu, para ahli merekomendasikan kenaikan berat badan selama kehamilan cukup sebanyak 11 hingga 15 kilogram saja. Untuk menghindari perubahan bentuk yang berlebihan, Mama juga perlu menjaga berat badan.

Baca juga: Pijat payudara saat menyusui

3.Membuat payudara lembab
Mama bisa memiliki pelembab dari kelapa, minyak almond atau pelembab kulit yang tentunya aman bagi bayi. Pelembab ini akan membantu elastisitas, produksi kolagen serta ketahanan kulit payudara. Gunakan pelembab sambil memijatnya untuk mendapatkan payudara kencang. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya stretch mark.

4.Olahraga push up
Salah satu cara untuk membuat payudara tidak kendur adalah melatih otot-otot dada bagian atas. Gerakan push up menjadi gerakan yang direkomendasikan. Penguatan otot dada dan punggung dapat membantu memperbaiki postur tubuh Mama serta dapat mengencangkan payudara. Olahraga teratur sehabis melahirkan juga membantu Mama agar cepat ramping.

Baca juga: 7 penyebab payudara cepat kendur

5.Gunakan air dingin
Siapa sangka air dingin dapat mencegah payudara kendur setelah melahirkan. Air dingin dapat membantu kontraksi otot payudara. Pertama-tama, Mama perlu mandi dengan air yang cukup hangat setelah itu bilas dengan air dingin. Cara ini dapat dipercaya mengangkat payudara dan membentuk posisinya menjadi ideal.

(Niken/Mamiverse) 

PENULIS

Gisela Niken