Berapa Lama Perut Akan Mengecil Setelah Melahirkan?

Berapa Lama Perut Akan Mengecil Setelah Melahirkan?

Editor    : Dini

Tanggal : Selasa, 26 Juli 2016

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com - Pernah mendengar bagaimana model Heidi Klum tampil mengenakan pakaian dalam di peragaan busana Victoria's Secret, hanya delapan minggu setelah melahirkan putranya, Henry? Peristiwa itu memang sudah terjadi 11 tahun yang lalu, namun Heidi masih menjadi perbincangan karena tubuhnya yang tampak sudah kembali seperti sebelum hamil.

Menyaksikan tubuh para selebriti yang begitu cepat langsing setelah melahirkan memang membuat kaum perempuan stres. Akankah perut Mama bisa kembali seperti semula? Berapa lama perut akan mengempis setelah melahirkan? Apakah yang harus dilakukan agar hal itu tercapai?

Tubuh Mama akan meregang dan melebar ketika hamil selama sembilan bulan. Selama kehamilan, tidak hanya perut yang berkembang, tetapi juga rahim. Kombinasi dari perut dan rahim inilah yang membuat perut secara keseluruhan akan membesar.

Setelah selama berbulan-bulan "makan untuk berdua", pertambahan berat badan itu terjadi dalam bentuk bayi. Namun kelebihan berat badan juga menyebar ke seluruh bagian tubuh, dan selain itu rahim pun tidak bisa langsung mengkerut. Setelah melahirkan, perut masih akan terlihat seperti hamil enam bulan. 

Seorang perempuan umumnya menambah 16 kilogram selama kehamilan, dan akan menurunkan sekitar tujuh kilogram saat melahirkan, jelas Dr. Douglas M. Black, spesialis kandungan dan kebidanan yang juga mantan presiden Society of Obstetricians and Gynaecologists of Canada di Ottawa.

Tubuh akan membantu Mama membuang kelebihan berat badan dengan mengeluarkan cairan secara perlahan melalui keringat, urin, dan cairan vagina. Butuh tiga hingga delapan minggu agar perut langsing lagi setelah melahirkan.

Menurutnya, pasien biasanya tidak akan mulai berolahraga sampai empat hingga enam minggu setelah melahirkan. Sebab pada saat itu payudara masih nyeri, kelelahan, sebagian lagi masih memulihkan diri dari robekan vagina atau jahitan di perut akibat operasi caesar. Sisanya tidak menganggap olahraga sebagai prioritas setelah melahirkan. "Tidur menjadi prioritas yang lebih tinggi," katanya.

Untuk mempercepat perut mengecil setelah melahirkan, Mama bisa berolahraga dan menyusui. Namun, prosesnya tergantung pada usia, ukuran bayi, bagaimana metode persalinannya, kekuatan perut, dan berat badan Mama sebelum hamil. Jadi, sabar-sabar saja ya, Mam.

Sumber : The Daily Mail

PENULIS

Dini Felicitas

Confident is silent. Insecurities are loud.