Bermain sambil bernyanyi menjadi cara agar anak lancar bicara

Agar Anak Lancar Bicara, Lakukan Langkah Ini Sejak Bayi

Editor    : Gisela Niken

Tanggal : Kamis, 17 November 2016

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com – Sejak ia lahir, bayi sudah mulai belajar bahasa agar membantunya cepat bicara. Mama bisa membantu agar anak lancar bicara. Ada beberapa cara yang perlu dan bisa Mama lakukan sejak si kecil bayi. Langkah sederhana ini bisa coba Mama lakukan sejak bayi untuk membantunya mengembangkan kemampuan berbahasa sejak bayi.

Baca juga: Pola asuh yang bikin anak terlambat bicara

1.Menanggapi bayi

Saat bayi mengucapkan kata-kata sebaiknya Mama memberikan respon padanya. Misalnya saat bayi memegang sesuatu dan memberikan pada Mama. Cobalah untuk menatap matanya dan tersenyum padanya. Apapun yang ia lakukan, Mama perlu memberi respon dengan kata-kata. Semakin banyak kata yang ia kenal, semakin banyak kata yang ia pelajari.

2.Minta bayi meniru

Bayi sebenarnya lebih mudah berbicara ketika ada contoh yang ia dengarkan. Cobalah untuk meminta bayi meniru apa yang Mama katakan. Misalnya mengenalkan kata sederhana seperti “makan”. Mama perlu memberinya contoh dan membiarkan ia mengikutinya. Jika salah, Mama perlu segera memperbaikinya agar ia memahami kata yang benar. Mama juga perlu menjelaskan kepada bayi maksud atau arti dari kata yang diucapkan agar ia memahami.

Klik halaman selanjutnya di sini

 

Sumber : New Kids Center

PENULIS

Gisela Niken

Writer, singer and lover