5 Makanan Terbaik untuk Pemulihan Setelah Melahirkan

5 Makanan Terbaik untuk Pemulihan Setelah Melahirkan

Editor    : Gisela Niken

Tanggal : Rabu, 27 Juli 2016

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com – Tidak hanya sebelum dan selama hamil, Mama juga memerlukan makanan bergizi setelah melahirkan. Makanan yang tepat akan memaksimalkan energi Mama sebagai ibu baru serta dapat menjaga kualitas ASI. Untuk itu, Mama perlu mengonsumsi makanan untuk pemulihan setelah melahirkan berikut ini.

Baca juga: Cara cepat pulih usai melahirkan secara normal

1.Ikan salmon
Ikan salmon dengan lemak DHA sangat penting untuk perkembangan sistem saraf. Dengan Mama mengonsumsi salmon, ASI akan mengandung DHA yang dapat membantu perkembangan otak bayi. DHA juga dapat mencegah terjadinya depresi setelah melahirkan lo. Ikan salmon juga aman untuk dikonsumsi oleh Mama setelah melahirkan sebab jumlah merkurinya rendah.

2.Produk susu rendah lemak
Aneka olahan susu seperti yogurt, susu atau keju merupakan jenis makanan yang perlu Mama konsumsi. Susu memberikan vitamin D yang dapat menguatkan tulang Mama. Selain itu, susu dapat memberikan protein dan vitamin B. Setelah melahirkan, Mama membutuhkan asupan kalsium untuk mendorong tubuh dan tulang serta dapat membantu tulang bayi lebih kuat.

Baca juga: Siklus menstruasi yang terjadi setelah melahirkan

3.Beras merah
Banyak ibu hamil yang mencoba menurunkan berat badan dengan cara mengurangi makan. Namun, saat setelah melahirkan Mama tetap membutuhkan asupan karbohidrat. Beras merah menjadi jenis makanan yang baik untuk memberikan energi pada Mama tanpa harus mengonsumsi makanan dengan gula yang tinggi.

4.Jeruk
Jeruk juga jadi makanan yang dapat meningkatan energi. Selain mudah untuk dikonsumsi, Mama juga dapat meningkatkan kandungan gizi dari jeruk. Jeruk juga jadi pilihan yang tepat untuk camilan sehari-hari. Vitamin C dapat membantu Mama cepat pulih dan mendapatkan asupan kalsium dari buah ini.

Baca juga: 5 perubahan vagina setelah melahirkan

5.Telur
Jenis makanan untuk pemulihan setelah melahirkan ini dapat memenuhi kebutuhan protein harian Mama. Protein yang cukup akan membantu pemulihan perubahan tubuh setelah melahirkan. Pilih telur yang mengandung DHA dapat meningkatkan tingkat asam lemak esensial untuk cepat memulihkan kondisi fisik Mama.

(Niken/Web MD) 

PENULIS

Gisela Niken