5 Cara Alami Agar Cepat Pulih Setelah Melahirkan

5 Cara Alami Agar Cepat Pulih Setelah Melahirkan

Editor    : Gisela Niken

Tanggal : Jumat, 15 Juli 2016

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com – Melahirkan menjadi proses yang berat dan membutuhkan perjuangan Mama. Tidak hanya saat proses melahirkan saja, Mama juga harus melewati fase pemulihan. Banyak Mama yang ingin cepat beraktivitas normal setelah melahirkan. Ternyata, ada cara alami agar cepat pulih setelah melahirkan lo. Cara-cara berikut ini bisa Mama lakukan rutin setiap harinya untuk membantu pemulihan fisik Mama.

Baca juga: 6 kondisi ibu setelah bersalin

1.Mandi air hangat
Air hangat dapat menenangkan kulit termasuk vagina. Otot di sekitar vagina sangat bekerja keras selama proses melahirkan. Nyeri vagina bisa diatasi dengan air hangat. Selain itu, berendam juga dapat meringankan tegangan otot bagian tubuh lainnya. Waktu mandi air hangat juga membantu Mama untuk menghilangkan rasa stres setelah melahirkan.

2.Jalan kaki
Setelah melahirkan, Mama bisa mulai bergerak dan beraktivitas sedikit. Berjalan adalah metode terbaik untuk merangsang dasar panggul dan sangat baik untuk memulihkan proses penyembuhan. Luangkan waktu selama 10 menit untuk berjalan. Saat merasa sudah baikan Mama bisa mencoba berjalan selama 30 menit.

Baca juga: Cepat pulih usai melahirkan normal

3.Belajar mengatur pernapasan
Pernapasan yang teratur memang menjadi cara tepat untuk melakukan pemulihan setelah melahirkan. Bayi mendorong diafragma sehingga merusak sistem pernapasan dan membuat Mama bernapas pendek dan tersengal-sengal. Setelah melahirkan, ada baiknya Mama kembali bernapas lebih panjang dan dalam agar sistem pernapasan kembali normal.

4.Hindari menggunakan stagen
Stagen atau band perut memang dikenal dapat membantu Mama pulih setelah melahirkan. Namun, para ahli menyarankan untuk Mama tidak menggunakan alat ini setiap saat bahkan memakainya terlalu ketat. Pengikat yang terlalu ketat akan membuat tekanan pada perut bagian bawah dan otot-otot panggul. Hal ini dapat menyebabkan bagian perut bawah Mama semakin parah. Beraktivitas fisik menjadi cara yang lebih alami untuk pemulihan.

Baca juga: 5 perubahan vagina setelah melahirkan

5.Rajin minum air putih
Siapa sangka air putih menjadi cara agar cepat pulih setelah melahirkan. Setelah melahirkan, Mama akan mendapatkan gangguan dalam perkembangan otak sehingga kerap kali Mama mengalami lupa atau ceroboh. Cukup air minum dan tetap terhidrasi dapat menjadi cara untuk menjaga stamina otak. Selain itu, air putih juga membantu fisik Mama kembali dengan normal karena melancarkan metabolisme tubuh.

(Niken/The Stir) 

PENULIS

Gisela Niken