Waspada! Makanan Sehat Ini Ternyata Tinggi Gula

Waspada! Makanan Sehat Ini Ternyata Tinggi Gula

Editor    : Puri

Tanggal : Rabu, 23 Desember 2015

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com - Selama masa pertumbuhan anak-anak memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat agar tumbuh kembangnya dapat berjalan dengan optimal, sehingga ia dapat menjadi anak yang sehat dan juga cerdas. Sayangnya, fakta terbaru mengatakan bahwa beberapa makanan sehat memiliki kandungan gula yang tinggi.

Nah, berikut beberapa jenis makanan sehat tapi memiliki kandungan gula yang tinggi:

1. Roti gandum utuh (whole-grain bread)
Roti gandum seringkali menjadi pilihan Ibu untuk sarapan si kecil, banyaknya kandungan serat pada roti gandum dibandingkan roti putih dapat membuat si kecil kenyang lebih lama. Tapi sebuah penelitian dari The Harvard Medical School, mengatakan bahwa roti gandum utuh ternyata memiliki kandungan gula yang sama tingginya dengan roti biasa.

Bahkan setangkup roti gandum memiliki jumlah indeks glikemik (GI) sebesar 71 lebih tinggi ketimbang Snicker’s bar dengan kandungan GI sebesar 51. Indeks glikemik atau glycemic index sendiri merupakan ukuran kecepatan makanan untuk diserap menjadi gula darah. Dan semakin tinggi angka GI, maka semakin cepat pula kenaikan kadar gula darah.

2. Jus buah kemasan
Jus buah alami tanpa gula dinyatakan lebih sehat dibandingkan dengan jus buah instan. Selain kandungan vitamin yang lengkap, buah segar juga memiliki rasa gula buah alami yang bersahabat dengan tubuh. Sayangnya, banyak orang yang malas membuat jus sendiri sehingga memilih untuk mengonsumsi jus buah dalam kemasan karena dirasa lebih simple. Padahal, walapun jus buah kemasan berlabel sehat tetap memiliki kandungan gula yang tinggi dan bahkan vitamin yang terkandung pada buah telah hilang selama proses pengemasan dan juga mengandung pengawet.

3. Oatmeal
Tak semua jenis oatmeal memiliki kandungan gula yang tinggi, salah satunya adalah oatmeal yang di masak sendiri dengan rasa plain. Sayangnya, kebanyakan orang inginnya yang instan yaitu oatmeal dengan berbagai varian rasa. Jenis oatmeal itulah yang mengandung gula tinggi karena sudah ditambahkan perasa yang mengandung cukup banyak gila dan dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Pilihan terbaik adalah dengan menggabungkan oatmeal plain dengan susu almond. Susu almond dipercaya dapat menjaga kestabilan gula darah dan juga baik dikonsumsi pada pagi hari.

4. Cuka balsamic (balsamic vinegar)
Jenis makanan ini biasanya digunakan sebagai pelengkap salad yang lezat. Namun, sayangnya kebanyakan cuka balsaic memiliki campuran karamel dan jagung yang keduanya memiliki kandungan gula tinggi. “Bahkan kadar gula pada cuka tersebut sama dengan saus salad yang creamy,” papar JJ Virgin, seorang celebrity nutritionist dan penulis dari buku JJ Virgin’s Sugar Impact diet. JJ Virgin menyarankan, bila Anda memesan salad, sebaiknya pilih saus dengan kandungan minyak zaitun atau cuka anggur merah yang memiliki kandungan gula rendah.”

PENULIS

Puri