Cara Tepat Menangani dan Mengobati Amandel Pada Anak

Cara Tepat Menangani dan Mengobati Amandel Pada Anak

Editor    : Gisela Niken

Tanggal : Jumat, 15 April 2016

Berbagi :

Tabloid-Nakita.com – Radang amandel menjadi salah satu penyakit yang sering dialami anak-anak. Sebenarnya mengapa radang bisa terjadi? Amandel merupakan dua kelenjar kecil di dalam tenggorokan. Kelenjar ini memiliki fungsi sebagai pencegah infeksi. Seiringnya waktu, sistem kekebalan tubuh anak semakin berkembang sehingga kelenjar ini mulai melemah. Lalu, bagaimana cara mengobati amandel pada anak?

Baca juga: Resep alami untuk meredakan sakit tenggorokan

Sebelum itu, amandel yang melemah sangat mudah terserang virus dan bakteri sehingga sangat rentan terjadi radang. Saat radang menyerang, amandel akan membengkak dan merah. Virus dan bakteri pada amandel sangat mungkin menular dan menyebar melalui tenggorokan dan lendir seseorang yang terinfeksi.

Radang amandel biasanya memiliki gejala sakit pada bagian tenggorokan. Jika terinfeksi bakteri Mama akan melihat amandel yang bengkak dan mengeluarkan titik titik putih. Sementara jika terinfeksi oleh virus, biasanya hanya ditandai dengan flu dan batuk saja. Anak yang mengalami radang amandel akan mengalami kesulitan makan.

Baca juga: Musim hujan, waspada radang tenggorokan pada anak 

Untuk itu, Mama harus memberinya makanan yang cair seperti sup, jus buah atau es krim. Pastikan si kecil tidak mengalami dehidrasi. Meski masih ada rasa nyeri saat minum, Mama harus memastikan ia tetap mendapatkan cairan yang cukup. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk meredakan nyeri tenggorokan. Selain itu, pisahkan alat makan dan minum si kecil dari anggota keluarga lain. Semua anggota keluarga juga harus lebih rajin mencuci tangan.

Jika si kecil sedang mengalami radang, Mama juga harus sering mengganti sikat giginya agar bakteri tidak kembali masuk ke dalam mulutnya. Lalu, kapan anak harus dioperasi amandel? Semua itu tergantung dari pemeriksaan dokter. Jika baru pertama kali terserang radang dalam seminggu akan pulih. Biasanya jika terlalu sering kambuh dan semakin membesar, dokter akan melakukan operasi pengangkatan amandel.

Baca juga: Penyebab hingga cara mengatasi radang tenggorokan pada bayi

Selain cara mengobati amandel pada anak, Mama juga bisa mencegah penyakit ini. Mama harus menjauhkan si kecil dari orang-orang yang sedang terkenal radang amandel atau penyakit tenggorokan lainnya. Jika berada di area orang yang sakit dan udara yang tidak baik, usahakan si kecil menggunakan masker. Sering mencuci tangan juga dapat mencegah penyakit radang amandel ini.

(Niken/Kids Health) 

 

PENULIS

Gisela Niken