Membacakan cerita membuat anak tenang dan mudah tidur.

4 Strategi Ampuh Agak Anak Cepat Mengantuk

Editor    : Heni Wiradimaja

Tanggal : Kamis, 16 Februari 2017

Berbagi :

Nakita.Id - Tidur larut malam alias begadang sejatinya tidak baik dilakukan oleh orang dewasa, apalagi anak-anak. Namun, energi yang besar sering kali membuat anak susah tidur di malam hari. Padahal, anak sudah sibuk bermain seharian dan tidak sedang sakit atau mau tumbuh gigi. Nah, mungkin 4 strategi untuk membuat  anak cepat mengantuk dan lelap sepanjang malam ini bisa diterapkan.

1. Bangun Imajinasi dengan dongeng

Anak usia balita mampu belajar cepat dan kreatif. Di malam hari, ia akan senang didongengi apa saja karena dengan begitu anak akan membangun imajinasinya. Sebelum  bercerita, sebaiknya posisikan anak senyaman mungkin dalam keadaan duduk atau berbaring. Berikan bantal empuk untuk sandarannya.  Ceritakan dengan nada suara menenangkan. Mungkin satu cerita pendek tidak cukup. Agar mengerti batasan, katakan pada si batita bahwa setiap malam maksimal hanya 2 atau 3 dongeng yang diceritakan. Beberapa menit kemudian anak pasti akan mengantuk. 

Baca juga: Bolehkah Membacakan Kisah Seram pada Anak Balita

2. Baca dengan keras

Beberapa anak yang sudah cuku besar mungkin senang membaca sendiri atau membaca keras-keras untuk kita dan dirinya sendiri. Ayah dan ibu juga dapat mempraktikkannya pada anak balita. Bacakan buku untuk anak . Biarkan ia tiduran di sebelah ibu, menutup mata dan mendengarkan saat ibu sedang bercerita. Selain bagus untuk membangun imajinasi, anak juga terbuai dalam relaksasi. Ada kalanya orangtua bisa mengubah intonasi suara keras atau menenangkan untuk melihat cara yang efektif agar anak mengantuk. Selamat mencoba!

3. Mewarnai

Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan yang sangat menenangkan dan kadang-kadang mampu memanfaatkan perasaaan anak, dan ini bisa menjadi obat terbaik untuk menenangkan pikiran yang cemas menghadapi malam. Sodorkan buku mewarnai setelah anak cuci kaki, menggosok gigi, dan mengenakan baju tidur.  Biarkan jika anak ingin mewarnai bukunya di kasur. Kegiatan ini dapat menenangkan anak untuk membentuk rutinitas tidurnya.

Baca juga: Memilih Buku Bacaan

4. Bermain sand tray atau menyusun balok

Bermain pasir buatan atau sand tray dapat menenangkan anak batita dan memiliki fungsi terapi, begitu pula menyusun balok. Biarkan anak membentuk-bentuk pasir sesuai keinginannya. Ibu bisa menambahkan sedikit hiasan agar menarik. Kedua permainan ini akan membuat anak cepat lelah dan mengantuk. Sebaiknya lakukan  setelah anak selesai dengan ritual cuci kaki, gosok gigi, dan ganti baju. Lakukan di meja kecil di kamarnya sambil mendengarkan musik yang menenangkan.

sand tray
Membentuk-bentuk pasir berefek menenangkan dan mengundang kantuk.

Nah, apakah Ibu tertarik untuk mencoba? Berimprovisasilah agar anak terlena dan cepat mengantuk.

Sumber : mom.me

PENULIS

Avrizella Quenda