4 Kesalahan Orangtua Yang Membuat Anak Jadi Pembangkang

4 Kesalahan Orangtua Yang Membuat Anak Jadi Pembangkang

Editor    : Gisela Niken

Tanggal : Rabu, 11 Januari 2017

Berbagi :

Nakita.id – Anak yang tidak mau diatur dan senang melawan tentu membuat Mama pusing. Tahukah Mama bahwa sikap anak sangat dipengaruhi oleh perlakuan orangtua dan bagaimana orangtua mendidik anak. Untuk itu, Mama perlu berhati-hati ketika mengasuh anak sebab beberapa hal berikut ini mungkin Mama lakukan dan menjadi penyebab anak jadi pembangkang.

Baca juga: Menghadapi si pembangkang

1.Membalas pukulan anak
Jika sedang marah, anak cenderung tidak bisa meluapkan emosi yang ia rasakan. Maka tak heran jika anak cenderung memukul sekitarnya untuk meluapkan emosi. Jangan menghentikan amarahnya dengan membalas pukulan. Hal itu akan mengajarkan padanya bahwa kekerasan memang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Berikan alat aman seperti bantal sebagai objek pemukulnya. Setelah reda, Mama harus menjelaskan bahwa ia boleh saja memukul benda mati tetapi tidak boleh memukul teman.

Baca juga: Ciri-ciri anak sensitif yang tidak Mama sadari  

2.Memaksa anak untuk berbagi
Berbagi memang menjadi hal yang baik untuk diterapkan oleh anak. Namun, Mama jangan memaksanya untuk membagi seluruh yang ia miliki. Pemaksaan akan membuatnya tidak memahami ketulusan dan justru menjadi anak yang melawan apa yang Mama perintahkan. Lebih baik secara perlahan biarkan ia puas dengan apa yang ia punya. Berikan ia pengalaman bahwa berbagi itu akan membuat orang lain juga bahagia.

Klik halaman selanjutnya di sini



 

Sumber :

PENULIS

Gisela Niken